Profil

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan paradigma terhadap pendidikan menentukan juga arah kebijakan pendidikan program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada kebutuhan pasar. Program studi harus mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Meninjau hal tersebut Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia kiranya harus dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang bermanfaat dan dibutuhkan di dunia kerja dengan kualifikasi yang sesuai sebagaimana diharapkan stakeholder. Konteks sumber daya yang yang dibicarakan ialah bagaimana pemenuhan kebutuhan yang mapan di bidang pengetahuan, keterampilan, dan berkarakter. Untuk itu, prodi senantiasa berupaya meningkatkan mutu di berbagai bidang, baik di bidang pendidikan dan pengajaran yang menyangkut kurikulum, sumber daya manusia, mahasiswa, kegiatan pembelajaran, sarana dan prasarana, penyelenggaraan Al-islam dan kemuhammadiyahan (AIK), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama, dan sistem informasi.

Program studi Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memiliki visi menjadi PS yang unggul dan islami di tingkat nasional.

  1. Perwujudan visi misi dalam waktu yang panjang yang telah dijabarkan melalui tujuan dan sasaran yang lebih spesifik, konkret, dan memiliki jangka waktu tertentu dalam pencapaiannya di dalam rensta Program Studi yang disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika.
  2. Memilki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan linier di bidang penguasaannya, penyelenggaraan pembelajaran yang mengacu kepada KKNI, sarana prasarana yang sangat mendukung, pembiayaan yang terorganisir di setiap tahunnya, serta pengelolaan PS yang profesional.
  3. Keberadaan program studi di bawah perguruan tinggi dan persyarikatn muhammadiyah sebagai ormas Islam terbesar mendukung terwujudnya visi.
  4. Adanya komitmen dari pimpinan institusi untuk mendukung upaya-upaya pengembangan kualitas PS.
  5. Memiliki dokumen manual mutu yang lengkap.
  6. Adanya gugus penjamin mutu PS yang didukung dengan SDM yang berkompeten.
  7. Rata-rata IPK lulusan dari tiga tahun yaitu tahun 2013/2014 sampai tahun 2015/2016 terus meningkat. Melihat ini mahasiswa termotivasi dalam berprestasi
  8. Banyak mahasiswa yang telah membuktikan kemandirian dan kreativitasnya melalui perolehan berbagai prestasi baik lokal, regional, atau nasional.
  9. Dosen pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menghasilkan karya ilmiah yang telah terpublikasi sebagi penyaji pada seminar internasional
  10. Adanya bantuan pendidikan dari institusi bagi dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.
  11. Adanya kebijakan institusi berupa pemberian fasilitas bagi dosen untuk mengikuti kegiatan pelatihan, workshop, seminar baik regional maupun nasional dalam rangka meningkatkan kualitas dosen.
  12. Adanya kebijakan institusi berupa pemberian fasilitas bagi tenaga pustakawan untuk melanjutkan pendidikan, mengikuti pelatihan, seminar, dan workshop.
  13. Adanya motivasi dan pemberian fasilitas dari prodi bagi dosen untuk pengajuan JJA.
  14. Adanya kebijakan institusi berupa pemberian fasilitas bagi dosen untuk mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk dimuat dalam jurnal nasional dan internasional
  15. Monitoring dan evaluasi dalam proses belajar dilakukan dengan membuat Jurnal Kuliah yang di monitor secara periodik
  16. Tersedianya Laboratorium Bahasa yang sangat mendukung kegiatan praktik mahasiswa agar lebih giat dalam belajar.
  17. Tersedianya ruangan micro teaching yang sangat mendukung sebagai tempat praktik mengajar mahasiswa.
  18. Tersedianya ruang sanggar seni sebagai tempat pengembangan minat, bakat, dan kompetensi mahasiswa.
  19. Berlakunya matakuliah Magang, KKN Pendidikan (KKN-Dik) dan Kewirausahaan agar mahasiswa lebih dekat dengan masyarakat dan dapat manjadi pendidik yang profesional di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
  20. Prodi telah mampu secara berkelanjutan memeperoleh dana di luar dari institusi dan melalui usaha bisnis.
  21. Pengelolaan dana prodi telah berjalan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
  22. Prodi telah memiliki SIAKAD yang terus berkembang memudahkan dalam pencarian, pengolahan, dan pelayanan data mahasiswa.
  23. Prodi telah memiliki e-journal, e-learning, dan e-library yang terus berkembang untuk memudahkan seluruh civitas akademika dalam mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.
  24. Tersedianya jaringan internet wireless yang memudahkan seluruh civitas akademika untuk mengakses e-journal, e-learning, e-library, serta website resmi terkait dengan pendidikan.
  25. Insitusi dan Pusat Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat memberikanĀ  kesempatan pendanaan kepada dosen STKIP MPL untukĀ  melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  26. Dosen memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan penelitian, pengabdian, dan kerja sama.
  27. Mutu publikasi ilmiah dosen Prodi PBSI semakin berkualitas. Banyak dosen telah mempublikasikan hasil penelitian ilmiah dalam seminar dan jurnal nasional, dan bahkan beberapa dosen telah mempublikasikan hasil penelitian ilmiah dalam seminar internasional.
  28. Institusi dan dosen Prodi PBSI telah banyak melaksanakan pengabdian dan kerja sama dengan instansi yang relevan